By using this site, you agree to the Privacy Policy and Terms of Use.
Accept
bisnisSULTENG.IDbisnisSULTENG.IDbisnisSULTENG.ID
Notification Show More
Font ResizerAa
  • HOME
  • WAJAH USAHA
  • INDUSTRI KREATIF
  • KEBIJAKAN & DAMPAK
  • INOVASI & TEKNOLOGI
  • MODAL & MENTORING
  • POTENSI DAERAH
Reading: Strategi Pemasaran Wisata: Bangun Kepercayaan dan Pertumbuhan
Share
bisnisSULTENG.IDbisnisSULTENG.ID
Font ResizerAa
Search
  • HOME
  • WAJAH USAHA
  • INDUSTRI KREATIF
  • KEBIJAKAN & DAMPAK
  • INOVASI & TEKNOLOGI
  • MODAL & MENTORING
  • POTENSI DAERAH
Follow US
© 2022 Foxiz News Network. Ruby Design Company. All Rights Reserved.
  • 📁
  • Cuan Lokal
  • Infografik
  • Liputan Khusus
  • Analisis & Opini
  • Podcast – Video
  • Foto
  • Network ▼
    • beritapalu.ID
    • pojokPALU
    • pojokSIGI ▶
      • Submenu 1
      • Submenu 2
      • Submenu 3
    • pojokPOSO
    • pojokDONGGALA
    • bmzIMAGES
    • kiosECERAN
Uncategorized

Strategi Pemasaran Wisata: Bangun Kepercayaan dan Pertumbuhan

Last updated: 9 May, 2025 2:19 pm
5 months ago
Share
Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)
Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)
SHARE

JAKARTA, beritapalu | impact.com, platform manajemen kemitraan global, bekerja sama dengan Digital Travel Insights (oleh WBR), merilis laporan pemasaran travel perdananya bertajuk “Beyond the Booking: Where APAC Travel Brands Are Investing for Growth.”

Studi ini menghadirkan perspektif dari 100 pemimpin pemasaran di Asia Tenggara dan 1.200 wisatawan dari Singapura, Australia, dan Tiongkok, yang menggambarkan bagaimana bisnis dan konsumen menavigasi lanskap travel yang terus berubah.

Transformasi Pemasaran Wisata di Asia Pasifik

Laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana pelaku wisata mengembangkan strategi pemasaran mereka serta bagaimana konsumen menemukan dan membeli produk serta layanan terkait perjalanan.

- Advertisement -

Seiring dengan penurunan permintaan wisata pasca-pandemi, brand menghadapi tantangan seperti travel fatigue dan tekanan ekonomi, sehingga fokus utama kini bergeser ke retensi pelanggan (65%), dan pembangunan brand (64%).

Namun, banyak pemasar di Asia Tenggara masih memprioritaskan iklan online sebagai strategi utama meskipun kanal ini hanya dipercaya oleh 27% wisatawan Singapura dan 18% wisatawan Australia dalam mencari inspirasi pemesanan.

Untuk mengatasi biaya iklan yang meningkat dan persaingan yang semakin ketat, bisnis perlu mengalihkan investasi ke kanal yang lebih terpercaya seperti influencer, afiliasi, dan kolaborasi antar brand.

“Konsumen saat ini menginginkan kepercayaan, transparansi, dan keaslian. Mereka bergantung pada komunitas dan sumber informasi terpercaya dalam membuat keputusan pemesanan,” ujar Adam Furness, Managing Director APJ, impact.com.

“Brand yang sukses adalah yang mampu menyeimbangkan strategi akuisisi dengan retensi, serta membangun komunitas melalui kemitraan dengan afiliasi, influencer, dan customer advocate.”

- Advertisement -

Sorotan Utama Laporan

Wisatawan Asia Pasifik dikenal sebagai digital-savvy dan selektif, dengan rekomendasi dari teman dan mulut ke mulut menjadi faktor utama dalam pemesanan perjalanan: Singapura (62,5%); Australia (67,5%); Tiongkok (75%).

Situs perbandingan (74%), OTA (65%), program loyalitas (51%), dan media sosial (31%) berperan penting dalam keputusan wisatawan, menunjukkan perlunya kehadiran brand di berbagai touchpoint agar dapat membimbing konsumen sepanjang perjalanan pembelian mereka.

- Advertisement -

Peran Kemitraan dalam Mendorong Pertumbuhan

Laporan itu menyebut, 68% wisatawan Singapura, 72% wisatawan Tiongkok, dan 59% wisatawan Australia lebih mempercayai situs ulasan dan perbandingan. Brand dapat menyematkan tautan afiliasi di konten travel untuk menangkap niat pembelian sejak awal perjalanan pengambilan keputusan.

Saat ini, lebih dari 1 dari 4 pemasar (27%) masih bergantung pada OTA dan agregator untuk menjangkau wisatawan dengan niat beli tinggi. Namun, dengan komisi yang mencapai hingga 30%, banyak brand mulai meninjau ulang alokasi anggaran mereka.

25% pemasar melihat pemasaran afiliasi sebagai area yang terus berkembang, berkat model berbasis kinerja yang hanya membayar mitra saat ada pemesanan—serta menjawab kebutuhan konsumen akan cashback, program loyalitas, dan diskon.

Di Mana Pelaku Wisata Memperkuat Investasi

Pemasar masih fokus pada iklan online (27%) dan OTA (28%), tetapi pemasaran afiliasi (15%) dan influencer (11%) semakin memainkan peran penting. Sekitar 45% wisatawan Singapura, 50% wisatawan Australia, dan 59% wisatawan Tiongkok mempercayai afiliasi saat merencanakan perjalanan mereka. 63% wisatawan Singapura, 68% wisatawan Australia, dan 75% wisatawan Tiongkok mempercayai influencer sebagai sumber informasi perjalanan. (afd/*)

OJK Sulteng: Industri Jasa Keuangan Stabil dan Tumbuh Positif
Hadianto Rasyid Dianugerahi Bapak UMKM Kota Palu
Kolaborasi Unhas dan PT Vale untuk Pendidikan Vokasi Hilirisasi
Satgas Pangan Kota Palu Pantau Stabilitas Harga Jelang Idul Adha
Dorong Kesadaran Finansial, OJK Sulteng Kick-Off Bulan Literasi Keuangan
TAGGED:asia pasifikpariwisatastrategi pemasaran
Share This Article
Facebook Whatsapp Whatsapp LinkedIn Email Print
Previous Article OJK Luncurkan IKAD untuk Percepatan Inklusi Keuangan Nasional
Next Article Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Tengah Dinamika Ekonomi Global
Leave a Comment

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow US

FacebookLike
XFollow
YoutubeSubscribe
TelegramFollow
WhatsAppFollow
LinkedInFollow

Update Harian

Daftar email Anda di isni untuk mendapatkan artikel terbaru kami secara instan!
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Loading
Popular News
Salah satu dari 200 lapak kuliner di pesta kuliner Palu Rasa Bangkok di PGM Palu, Rabu (1/10/2025). (© bmzIMAGES/basri Marzuki)

200 Tenant Ramaikan Event Palu Rasa Bangkok

5 days ago
Pemkot Palu Bangun Rumah Produksi UMKM di Pasar Tavanjuka
Raih Sertifikat IG, Bawang Goreng Palu Didorong Tembus Pasar Internasional
Penyaluran KUR Sulteng Capai Rp2,4 Triliun
Penjemuran Ikan Terkendala Cuaca
- Advertisement -
Ad imageAd image
Global Coronavirus Cases

Confirmed

0

Death

0

More Information:Covid-19 Statistics

Berita Terkait

Kolaborasi Strategis untuk Hilirisasi Nikel Berkelanjutan di Indonesia Timur

4 months ago

Evolusi Brand SIMPATI dan 30 Kejutan bagi Pelanggan

4 months ago

LP2M UIN Datokarama Dorong Penguatan Bumdes Desa Gio Timur

4 months ago

Mulai Agustus 2025, QRIS Bisa Digunakan di Jepang dan China

5 months ago


PT Media Swakarsa Lestari

Griya Palupi Permai Blok F/3, Palu, Sulawesi Tengah
Email: [email protected]
Kontak: +62 451 413 2589 / 0851 8687 1165

 

Kebijakan

  • Cuan Lokal
  • Infografik
  • Liputan Khusus
  • Analisis & Opini
  • Podcast – Video
  • Foto
  • Network
    • beritapalu.ID
    • pojokPALU
    • pojokSIGI
    • pojokPOSO
    • pojokDONGGALA
    • bmzIMAGES
    • kiosECERAN
  • Indeks Berita

Konten-1

  • HOME
  • WAJAH USAHA
  • INDUSTRI KREATIF
  • KEBIJAKAN & DAMPAK
  • INOVASI & TEKNOLOGI
  • MODAL & MENTORING
  • POTENSI DAERAH

Konten-2

  • Cuan Lokal
  • Infografik
  • Liputan Khusus
  • Analisis & Opini
  • Podcast – Video
  • Foto
  • Network
    • beritapalu.ID
    • pojokPALU
    • pojokSIGI
    • pojokPOSO
    • pojokDONGGALA
    • bmzIMAGES
    • kiosECERAN
  • Indeks Berita

Find Us on Socials

© 2025 by bisnisSULTENG | Published by PT Media Swakarsa Lestari | All Rights Reserved.
Bergabunglah dengan kami...
Berlangganan buletin kami dan jangan lewatkan berita, podcast, dll. terbaru kami.
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Loading
Zero spam, Unsubscribe at any time.
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?