Strategi Pemasaran Wisata: Bangun Kepercayaan dan Pertumbuhan

Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)
Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)

JAKARTA, beritapalu | impact.com, platform manajemen kemitraan global, bekerja sama dengan Digital Travel Insights (oleh WBR), merilis laporan pemasaran travel perdananya bertajuk “Beyond the Booking: Where APAC Travel Brands Are Investing for Growth.”

Studi ini menghadirkan perspektif dari 100 pemimpin pemasaran di Asia Tenggara dan 1.200 wisatawan dari Singapura, Australia, dan Tiongkok, yang menggambarkan bagaimana bisnis dan konsumen menavigasi lanskap travel yang terus berubah.

Transformasi Pemasaran Wisata di Asia Pasifik

Laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana pelaku wisata mengembangkan strategi pemasaran mereka serta bagaimana konsumen menemukan dan membeli produk serta layanan terkait perjalanan.

Seiring dengan penurunan permintaan wisata pasca-pandemi, brand menghadapi tantangan seperti travel fatigue dan tekanan ekonomi, sehingga fokus utama kini bergeser ke retensi pelanggan (65%), dan pembangunan brand (64%).

Namun, banyak pemasar di Asia Tenggara masih memprioritaskan iklan online sebagai strategi utama meskipun kanal ini hanya dipercaya oleh 27% wisatawan Singapura dan 18% wisatawan Australia dalam mencari inspirasi pemesanan.

Untuk mengatasi biaya iklan yang meningkat dan persaingan yang semakin ketat, bisnis perlu mengalihkan investasi ke kanal yang lebih terpercaya seperti influencer, afiliasi, dan kolaborasi antar brand.

“Konsumen saat ini menginginkan kepercayaan, transparansi, dan keaslian. Mereka bergantung pada komunitas dan sumber informasi terpercaya dalam membuat keputusan pemesanan,” ujar Adam Furness, Managing Director APJ, impact.com.

“Brand yang sukses adalah yang mampu menyeimbangkan strategi akuisisi dengan retensi, serta membangun komunitas melalui kemitraan dengan afiliasi, influencer, dan customer advocate.”

Sorotan Utama Laporan

Wisatawan Asia Pasifik dikenal sebagai digital-savvy dan selektif, dengan rekomendasi dari teman dan mulut ke mulut menjadi faktor utama dalam pemesanan perjalanan: Singapura (62,5%); Australia (67,5%); Tiongkok (75%).

Situs perbandingan (74%), OTA (65%), program loyalitas (51%), dan media sosial (31%) berperan penting dalam keputusan wisatawan, menunjukkan perlunya kehadiran brand di berbagai touchpoint agar dapat membimbing konsumen sepanjang perjalanan pembelian mereka.

Peran Kemitraan dalam Mendorong Pertumbuhan

Laporan itu menyebut, 68% wisatawan Singapura, 72% wisatawan Tiongkok, dan 59% wisatawan Australia lebih mempercayai situs ulasan dan perbandingan. Brand dapat menyematkan tautan afiliasi di konten travel untuk menangkap niat pembelian sejak awal perjalanan pengambilan keputusan.

Saat ini, lebih dari 1 dari 4 pemasar (27%) masih bergantung pada OTA dan agregator untuk menjangkau wisatawan dengan niat beli tinggi. Namun, dengan komisi yang mencapai hingga 30%, banyak brand mulai meninjau ulang alokasi anggaran mereka.

25% pemasar melihat pemasaran afiliasi sebagai area yang terus berkembang, berkat model berbasis kinerja yang hanya membayar mitra saat ada pemesanan—serta menjawab kebutuhan konsumen akan cashback, program loyalitas, dan diskon.

Di Mana Pelaku Wisata Memperkuat Investasi

Pemasar masih fokus pada iklan online (27%) dan OTA (28%), tetapi pemasaran afiliasi (15%) dan influencer (11%) semakin memainkan peran penting. Sekitar 45% wisatawan Singapura, 50% wisatawan Australia, dan 59% wisatawan Tiongkok mempercayai afiliasi saat merencanakan perjalanan mereka. 63% wisatawan Singapura, 68% wisatawan Australia, dan 75% wisatawan Tiongkok mempercayai influencer sebagai sumber informasi perjalanan. (afd/*)

Berita Terkait

  • Kerja Sama Strategis BUMA dan BUMN Tiongkok untuk Pertanian di Sigi

    SIGI, beritapalu | Alkhairaat melalui Badan Usaha Milik Alkhairaat (BUMA) menjalin kemitraan dengan perusahaan milik negara asal Tiongkok, Henan Agriculture Investment Group Limited, untuk mendukung pengembangan sektor pertanian di Indonesia. Kerja sama ini ditandai dengan kunjungan langsung delegasi Henan Agriculture ke lahan milik Alkhairaat seluas 31 hektare di Desa Sidondo 4, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (23/4/2025).

  • Kinerja Pasar Saham dan Obligasi 2024: Dampak dan Prospek ke Depan

    JAKARTA, beritapalu | Di tengah sentimen negatif terhadap kondisi perekonomian global, pasar saham domestik tahun 2024 ditutup melemah sebesar 0,48 persen mtd per 30 Desember 2024 ke level 7.079,91 (secara ytd turun 2,65 persen). Nilai kapitalisasi pasar tercatat sebesar Rp12.336 triliun atau naik 2,79 persen mtd (secara ytd naik 5,74 persen). Non-resident mencatatkan net sell sebesar Rp5,03 triliun mtd (ytd: net buy Rp16,53 triliun).

  • Pemkot Palu Jalin Sinergi dengan Perbankan untuk Percepatan Pembangunan

    PALU, beritapalu | Pemerintah Kota Palu menggelar pertemuan dengan sejumlah perbankan pada Kamis (27/3/2025) di ruang rapat Bantaya, Kantor Wali Kota Palu. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan memperkuat kerja sama antara pemerintah daerah dan sektor perbankan guna mendukung pertumbuhan ekonomi serta pembangunan kota.

  • Bank Indonesia Sulteng Inisiasi Program Laskar Rupiah 2025

    PALU, beritapalu | Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah menginisiasi program Laskar Rupiah 2025 yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi pentingnya peran Rupiah dalam perekonomian dan transformasi digital dalam sistem pembayaran.

  • Telkomsel Luncurkan DigiAds Ramadan Insight 2025

    JAKARTA, beritapalu | Telkomsel menerbitkan whitepaper DigiAds Ramadan Insight 2025, sebuah studi komprehensif yang menyajikan insight mendalam tentang perilaku konsumen selama bulan Ramadan.

  • PT Vale Indonesia Gelar Peringatan Bulan K3 Nasional 2025

    SOROWAKO, beritapalu | PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) memanfaatkan momen bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk kembali menegaskan dedikasinya terhadap budaya kerja yang aman dan produktif dengan membuka perayaan Bulan K3 di seluruh area operasionalnya di Sorowako, Morowali, dan Pomalaa yang akan berlangsung dari 12 Januari 2025 sampai 12 Februari 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *